<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d3075841173845236432\x26blogName\x3d.:+KOMPAS-MIEKA+:.\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://kompas-mieka.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3dsq_AL\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://kompas-mieka.blogspot.com/\x26vt\x3d3006604585497687862', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


MASJID AMPEL:
WISATA ROHANI TIADA HENTI

e enjte, 14 qershor 2007

Masjid Sunan Ampel merupakan Wisata religi yang ada di Surabaya yang keberadaan sampai sekarang ini masih dipertahankan keberadaa dan fungsinya. Saat berkunjung ke kawasan tersbut, jangan heran anda bergeliat dengan peziarah lain yang berkunjung dari dalam dan luar kota Surabaya, karena Kawasan ini merupakan kawasan makam Wali Songo yakni Sunan Ampel

Gerbang masuk kawasan ini ditandia dengan lorong yang berjajar berbagai penjual, mulai dari pakaian muslim, buah-buahan, kurma, minyak wangi, kerudung sampai kaset lagu-lagu islami.

Di ujung Lorong tersebut terletaklah sebuah masjid Ampel yang Megah berusia sudah 600 tahun lamamnya. Sudah beberapa renovasi yang dilakukan oleh pemerintah demi kemajuan tempat wisata ini.di Masjid inilah para peziarah beristirahat dan menghadap Tuhan yang maha Kuasa.mereka beriktikaf, membaca al-Qur’an dan ibadah frdlu yitu sholat.
Dekat dari sana, terdapat pemakaman Mbah Bolong, Mbah Soleh dan pusat keramaian ziarahnya yaitu makam Sunan Ampel yang merupakan Sunan Tertua dari Wali Songo.

Di Makam Sunan Yang bernama asli Raden Achmad Rahmatullah ini peziarah malantunkan sebuahb ayat suci yakni surat Yassin. Setelah membaca surat tersebut mereka berdoa agr diber keberkahan


Meskipun waktu telah menunjukkan Tengah malam, suasana di kawasan yang terletak di jalan Ampel ini jumlah pengunjung justru semakin bertambah, mereka beranggapan kalau beriktikaf dan berziarah pada malam hari lebih banyah keberkahannya daripada saat mataharu bersinar.

Meskipu begitu, siang hari pun tempat ziarah tersebut ramai dikunjungi, memang pantas kalau tempat ini di sebut tempat wisata Tak Mengenal Waktu dan tiada henti-hentinya.

Pengunjung akan membludak saat bulan Ramadhan, karena disana juga diadakan Sholat terawih berjamaah yang sistemya seperti Masjid Agung Surabaya yang pembacaan Ayat sucinya dalah ayat-ayat yang cukup panjang, dan janhan heran kalau sholat sunnah di Bulan Ramadhan ini kaan tewrasa lebih lama di banding dengan sholat di Masjid biasanya.

Perkembangan Wisata Agama tersebut menunjukkan sikap kepedulaian pemerintah kota dalam memajukan wisata religi di Surabaya. Buktinya mereka melakukan beberapa renovasi demi perbaikan Masjid Bersejarah Islami tersebut Menurut kami ini merupakan langkah awal bagi kemajuan wisata di Surabaya. Dan kami berharap langkah ini dapat diteruskan kepada obyek-obyek Wisata yang lain.
Resensi : Dari Kompas Kamis, 28 November 2002 dengan berbagai perubahan




posted by mirza - kamim, 10:48 e pasdites

0 Comments:

Add a comment